PENULIS

"Seorang penulis adalah seseorang yang menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan sabar untuk menemukan makhluk kedua di dalam dirinya dan dunia yang menjadikannya sebagai dirinya. Ketika saya berbicara tentang menulis, yang muncul pertama kali di benak saya bukanlah novel, puisi, atau tradisi sastra, (namun) seseorang yang menutup diri di sebuah ruangan, duduk di meja, dan sendirian, berputar ke dalam (pikirannya). Dan di tengah bayang-bayangnya, dia membangun dunia baru dengan kata-kata." 

(A writer is someone who spends years patiently trying to discover the second being inside him and the world that makes him who he is: when I speak of writing, what comes first to my mind is not a novel, a poem, or a literary tradition, it is a person who shuts himself up in a room, sits down at a table, and alone, turns inward; amid its shadows, he builds a new world with words). 
― Orhan Pamuk 

*Catatan: "Foto di bawah ini saya ambil beberapa waktu yang lalu di rumah saya di sebuah ujung kampung di Kota Malang. Buku dan souvenir di rak buku ini saya koleksi dari hasil pengembaraan saya di empat benua mulai tahun 2004 s/d 2018. Alhamdulillah."



Comments