STIGMA


Stigma adalah cerita pendek saya yang pernah dimuat di koran Jawa Pos Radar Malang pada tanggal 2 Oktober 2016. Salah satu kutipan paragraf dari cerpen tersebut adalah:

"Aku sedang bercengkrama dengan sahabat lama di sebuah café bernuansa Mediterania di sebelah barat Menara Eiffel. Pertemuan yang telah lama kami rencanakan dan baru terwujud setelah aku berhasil mendapatkan beasiswa perjalanan di sebuah konferensi internasional di pinggiran Kota Paris. Pikiranku melayang ke masa lalu. Rasanya baru kemarin, aku melihat dia menangis dan berteriak-teriak lantang di tengah derasnya hujan di Lapangan Pantai. Aku dan beberapa teman yang sedang latihan drama waktu itu langsung mendekat dan berusaha keras menenangkannya. Sujono tidak pernah bercerita mengapa dia histeris malam itu. Sujono pun tidak pernah berterus terang bahwa dia adalah anak eks tahanan politik, sampai akhirnya takdir mempertemukan kami setelah dua puluh tahun terpisah. Aku melihatnya berkembang dari penerjemah amatiran sampai akhirnya ndilalah kersaning Gusti Allah, berhasil menjadi penerjemah profesional di kantor pusat UNESCO di Paris."

@haritsmasduqi

Ilustrasi Cerpen Stigma di Jawa Pos Radar Malang

Comments